6 Manfaat Tahu Bagi Kesehatan


Lauk paling sederhana dan murah meriah yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia adalah tahu dan tempe. Ya, makanan tradisional ini sangat mudah ditemukan dan harganya sangat terjangkau. Makanan yang terbuat dari kedelai ini memang sudah sangat akrab dengan masyarakat Indonesia.
Selain harganya yang terjangkau tahu juga memiliki segudang khasiat yang bagus untuk orang yang mengkonsumsinya secara sehat. Berikut adalah 6 manfaat tahu bagi kesehatan.

Manfaat Tahu


1. Mengontrol berat badan

Manfaat tahu yang pertama adalah membantu menurunkan berat badan. Oleh karena itu tahu sebaiknya masuk dalam daftar menu diet Anda. Tahu mampu membantu menurunkan kolesterol jahat bersama dengan mensuplai energi dan nutrisi penting ke dalam tubuh. Tidak hanya itu, tahu juga melindungi pembuluh darah Anda terhadap efek berbahaya dari kolesterol dengan mengurangi tingkat oksidasi kolesterol jahat (LDL).

2. Bagus untuk wanita menopause

Konsumsi tahu sangat disarankan untuk wanita yang sedang atau akan memasuki masa menopause. Kedelai memiliki isoflavon yang dapat meniru estrogen dan dengan demikian akan sangat membantu selama tahap pra-menopause di mana tubuh cenderung memiliki ketidakseimbangan estrogen. Isoflavon juga berfungsi meringankan rasa sakit tidak nyaman yang dialami wanita selama menopause. Kandungan kalsium yang cukup pada tahu juga menjaga kesehatan tulang yang sangat rentan terhadap ancaman saat menopause.

3. Menurunkan risiko kanker

Tahu dikenal memiliki isoflavon kedelai yang membantu dalam mengurangi risiko kanker prostat dan kanker payudara. Manfaat tahu juga berkat kandungan mineral penting berupa selenium yang menjamin fungsi ideal dari sistem antioksidan dan melindungi Anda dari kanker usus besar.

4. Bagus untuk kulit

Manfaat tahu juga untuk menjaga keindahan dan kesehatan kulit. Dengan menjaga elastisitas kulit dan mengencangkan otot, tahu membantu dalam menunda proses penuaan. Berkat mineral, vitamin, dan kandungan proteinnya, tahu bisa menjadi asupan yang bagus untuk kulit.

5. Menjaga kesehatan darah

Selanjutnya manfaat tahu juga sangat besar untuk menjaga kesehatan darah. Tahu sangat kaya zat besi dan kadar tembaga, yang sangat berguna untuk menjga fungsi darah. Zat besi merupakan bagian utama dari hemoglobin yang membantu dalam produksi energi dan pelepasan oksigen di dalam tubuh. Namun, hemoglobin tidak dapat dibuat tanpa tembaga dan karena itu tahu mampu membantu dalam distribusi oksigen dalam tubuh dyang ideal dengan kombinasi zat besi dan tembaga.

6. Membantu pertumbuhan rambut

Manfaat tahu yang terakhir adalah untuk meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat. Tahu mengandung keratin yang merupakan salah satu jenis protein yang dibutuhukan pertumbuhan rambut yang sehat. Protein tahu yang sangat banyak bagus untuk suplemen alami bagi rambut.
Tahu merupakan bahan makanan yang bagus dikonsumsi setiap hari. Tahu juga dapat diolah menjadi berbagai olahan yang lezat. Demikian artikel kesehatan 6 manfaat tahu yang dihimpun dari berbagai sumber terpercaya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " 6 Manfaat Tahu Bagi Kesehatan"

Posting Komentar

Terima kasih sudah memberikan komentarnya,karena dengan komentar anda semua akan sangat membangun buat tim kami untuk lebih banyak lagi berbagi maanfaat.